Dini Andriyani Note: Pelajaran hari ini, belajar untuk hari esok dan berikutnya

Pelajaran hari ini, belajar untuk hari esok dan berikutnya

Ketika hari mulai baru pada pagi itulah ku sambut dan ku sapa hari dengan hangat, matahari pun tak kalah menyambut dengan hangat. Pagi itu mungkin awal yang baik untuk hari yang baru namun tak selamanya awal yang baik akan terus menerus baik. Layaknya air jernih yang mengalir dengan deras namun saat musim kemarau tiba air mungkin tak sederas biasanya. Ya seperti kehidupan tak akan terus berjalan dengan lurus adakalanya kita menemukan belokan namun tetap harus di jalani.

Setiap harinya tentu terselip makna dalam detik, menit,jam dan waktu yang terus berputar. Makna yang selalu berbeda, berbeda setiap waktunya. Mungkin pagi hari makna yang ada yaitu ''semangat'' . Namun siang, sore dan malam tentu berbeda. Setiap waktu tak akan berjalan dengan hambar selalu terselip makna. Mungkin hari ini kita mendapat pelajaran untuk di ingat dan di perbaiki hari esok. Yaa pelajaran hari ini, Belajar untuk hari esok dan berikut nya itulah yang harus kita tanam.

Mungkin hari ini terasa melelahkan dan terbebani. Namun kita tak boleh terus terlena dan mengeluh terhadap keadaan hari ini. Ingatlah firman Allah swt dalam Qs. Al-Baqarah ayat 286 :
"Allah tidak akan memikulkan beban (kewajiban) kepada jiwa (seseorang) kecuali sekuat kekuatan yang terpikul olehnya..."

Potongan ayat diatas mengingatkan kita bahwa Allah tak akan memberi beban kepada hambanya diluar kekuatan ia dalam menghadapi beban itu. Yaa mungkin berarti Allah tak akan memberi beban di luar kesanggupan hambanya. Seperti firman Allah swt dalam Qs. Al-mu'minun ayat 62 :
"Dan kami tiada membebani seseorang. Melainkan menurut kesanggupannya...''

Ayat diatas mempertegas kembali pada kita agar senantiasa lapang dalam menghadapi cobaan apapun. Ingat Allah tidak tidur dan Allah itu Adil serahkan semua kepada sang kholik yang sudah pasti tahu yang terbaik
untuk kita.

Dekatkan diri kita, yang terjadi hari ini jadikan muhasabah untuk hari esok agar lebih baik. Yang terjadi hari ini jadikan pelajaran dan hari esok kita belajar dari hari sebelumnya dan belajar untuk hari berikutnya. Jika kita merasa lelah ingat Allah maha Adil dan tahu yang terbaik untuk hambanya. Dan ingat bersama kesulitan ada kemudahan seperti dalam firman nya dalam Qs Al-insyiroh ayat 5 :
"Maka sesungguhnya di samping ada kesukaran terdapat pula kemudahan"

Jelas sudah Allah selalu memberi yang terbaik untuk hambanya.
Masih bilang Allah gk Adil ? Masih bilang Lelah ? Dan masih tak percaya Allah memberi beban untukmu agar kau lebih baik ? Kelaut aja deehh..

Mulai sekarang mari saling mengingatkan dan muhasabah untuk diri kita agar lebih baik lagi. Keep Positive and Just do it.

0 komentar:

Terimakasih masukannya... :)